Senin, 23 Maret 2009

KPU KOTA SOLOK SIAP LAKSANAKAN PEMILU 9 APRIL 2009



Profil Anggota KPU Kota Solok Periode 2008-2013 :
  1. Amnasmen, SH (Ketua)
  2. Aermadepa, SH. MH (Divisi Hukum dan Organisasi)
  3. Budi Santosa, SP. MP (Divisi Sosialisasi)
  4. Drs. Maqommam Mahmuda (Divisi Logistik dan Keuangan)
  5. Triati. AMd (Divisi Teknis)
  6. Drs. Alizar Ramli (Sekretaris KPU)
Jumlah Badan Penyelenggara Pemilu di Kota Solok :
  1. PPK 2 buah (PPK Tanjung Harapan dan PPK Lubuk Sikarah)
  2. PPS 13 buah (6 di Wilayah Kec. Tanjung Harapan dan 7 di Wilayah Kec. Lubuk Sikarah)
  3. TPS 163 (76 di Wilayah Kec. Tanjung Harapan dan 87 di Wilayah Kec. Lubuk Sikarah)
  4. Jumlah pemilih dalam DPT 43.166 (20.626 di Tanjung Harapan dan 22.540 di Lubuk Sikarah)
Jumlah Calon Anggota DPRD Kota Solok Sebanyak 317, terdiri dari :
  1. Daerah Pemilihan Solok 1 (Tanjung Harapan)=149 calon (100 laki-laki dan 49 perempuan)
  2. Daerah Pemilihan Solok 2 (Lubuk Sikarah)=168 calon (112 laki-laki dan 56 perempuan)
Alokasi/Jumlah Kursi DPRD Kota Solok Sebanyak 20 kursi, terdiri dari :
  1. Daerah Pemilihan Solok 1 (Tanjung Harapan) = 9 kursi
  2. Daerah Pemilihan Solok 2 (Lubuk Sikarah) = 11 kursi
Kegiatan Sosialisasi Pemilu 2009 dan Pendidikan Pemilih :


1. Program kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kota Solok antara lain :
a. Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Siaran Keliling
b. Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Pertemuan/Tatap Muka :


- Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Tatap Muka Dengan Pengurus Partai Politik dan Caleg


- Program Kegiatan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula/Pelajar
- Program Kegiatan Sosialisasi Kepada Tokoh Masyarakat/Pemuka Adat/Tokoh Agama/Ormas/dll


- Program Kegiatan Sosialisasi Kepada Bhayangkari (Keluarga Polri) dan Persit (Keluarga TNI)
- Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Kirab/Pawai Parpol dan Caleg


- Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Media Center
c.Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Iklan Radio/Dialog Interaktif
d.Program Kegiatan Sosialisasi Melalui Simulasi/Peragaan/Baliho/Spanduk/Leaflet/Brosur,dll

2. Target Pencapaian :


a. Tersebarluasnya informasi mengenai tahapan dan program pemilu 2009 kepada masyarakat secara luas


b. Peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pemilu 2009 dalam pembangunan demokrasi di Indonesia
c. Peningkatan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang teknis pemberian suara pada pemilu 2009


d. Peningkatan kesadaran masyarakat khususnya pemilih untuk berperan serta dalam setiap tahapan pemilu 2009 dan dalam menggunakan hak pilihnya pada tanggal : 09 April 2009

3. Kelompok sasaran dalam pelaksanaan sosialisasi adalah :
a. Masyarakat umum (publik)


b. Remaja, pemuda dan mahasiswa (pemilih pemula)
c. Pemilih perempuan
d. Tokoh masyarakat/pengemuka pendapat
e. Petani, buruh dan kelompok kerja lainnya
f. wartawan dan kelompok media lainnya
g. TNI dan Polri beserta keluarganya


h. Partai politik peserta pemilu 2009
i. Pengawas dan pemantau pemilu 2009
j. LSM/Ormas
k. Pemilih dengan kebutuhan khusus/penyandang cacat/LP/pedagang kaki lima/masy.terpencil

Tidak ada komentar: